Friday, June 6, 2014

Tiga Masalah Hantui Arus Mudik Lebaran 


INFOBISNIS--Sejumlah masalah pokok yang masih menghantui pada angkutan Lebaran tahun 2014. Mereka adalah buruknya indrastruktur jalan yang buruk, jumlah pengguna sepeda motor yang makin tinggi dan pasar tumpah yang banyak terutama di jalur pantai utara (Pantura) Jawa.

"Pemerintah pusat dan daerah serta pihak-pihak terkait diminta tetap waspadai, dan segera mempersipkan antisipasi yang baik sebelum arus mudik Lebaran benar-benar menadi masalah. Apapun adanya, arus mudik Lebaran pasti akan bertambah dan mereka harus dilayani dengan baik oleh pemerintah," ujar Ketua DPP Organsiasi Angkutan Darat (Organda) Ekasari Lorena di Jakarta, Selasa (3/6).

Dalam ritual arus mudik Lebaran selama ini, 70% pergerakan penumpang dan barang khususnya untuk moda angkutan darat masih tertumpu di jalur Pantura Jawa. Oleh karena itu, daerah ini harus mendapatkan prioritas penanganan yang ekstra, baik infrastruktur jalan, rambu-rambu, petugas di lapangan dan lainnya. "Semua potensi permasalahan yang akan muncul, terutama sepeda motor, jalan rusak dan pasar tumpah harus diantisipasi dengan baik. Jangan sampai masalah itu makin besar dan menganggu kelancaran arus mudik," pinta Eka.

Dari laporan anggota Organda di lapangan, kerusakan jalan di jalur Panturan sangat parah, sekitar 30-40% rusak. Sementara, janji pemerintah (Kementerian PU) jalur panturan akan segera dibangun dan diperbaiki. targetnya, sebelum H-10 Lebaran selesai. "Tapi, target pembangunan jalur Pantura itu harus benar direalsiasikan, jangan seperti tahun-tahun lalu. Jalur Panturan jawa masih dipaksakan saat arus mudik tiba, jadi ya cepat rusak dan tidak maksimal," urai Eka.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, E.E Mangidaan berencana akan menambah jumlah pengangkutan sepeda motor lebaran. Rencananya, kendaraan roda dua ini diangkut dengan beberapa moda transportasi. "Kita berusaha mengangkut sepeda motor pemudik melalui beberapa angkutan" kata dia di Jakarta.

Kemenhub menyediakan moda transportasi baik melalui kereta api, kapal laut dan truk untuk pengangkutan motor. Jumlah kuota sepeda motor yang diangkut kereta api tahun ini sebanyak 6.300 unit. Pengangkutan ini dibagi menjadi arus mudik dan arus balik.

Adapun tujuan penyelenggaran pengangkutan motor ini untuk mengurangi intensitas kecelakaan berlalu lintas di hari lebaran. Selain itu pemudik juga akan lebih nyaman pulang ke kampung halaman dengan transportasi umum.*hel

No comments:

Post a Comment