Friday, June 6, 2014

Jelang Lebaran Organda Siapkan 43 Ribu Bus

Jakarta, Beritaempat.com — Ketua Umum DPP Organda (Organisasi Angkutan Darat), Eka Sari Lorena Soerbakti mengatakan, menjelang lebaran organda akan siapkan 43 ribu bus, di antaranya 23 ribu bus AKAP (antarkota antarprovinsi), 16 ribu bus AKDP (antarkota dalam provinsi) dan 4 ribu bus pariwisata.
Hal ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya menyiapkan sebesar 37.100 bus. “Penambahan armada tersebut lantaran adanya pelonjakan penumpang yang diperkirakan pada 2014 jumlah penumpang mencapai 5.800 ribu orang meningkat sebesar 300 ribu dibandingkan tahun 2013 yang hanya mencapai 5.500 ribu penumpang,” jelas Eka Sari di Jakarta, Selasa (3/6).
Lebih lanjut Eka mengatakan, pemerintah punya 34 terminal utama dan 8 terminal bantuan yang tersebar di Indonesia, dan pertambahan kendaraan di Pantura tiap tahunnya naik 25 persen. ”Jumlah kendaraan pribadi juga tidak kalah menarik, akan terus meningkat dikarenakan masih banyak minat para mudik menggunakan kendaraan pribadi,” ungkapnya.
Berdasarkan catatan Organda, pada tahun 2014 saja jumlah kendaraan pribadi sebesar 1.789.358 unit atau meningkat sebesar 5,61 persen. Sedangkan angkutan sepeda motor tahun ini sebesar 2.371.378 unit atau naik 4,3 persen.
Eka menyampaikan, seluruh pengusaha Organda seperti tahun sebelumnya sangat menghimbau pengendara sepeda motor untuk mementingkan keselamatan, karena sepeda motor merupakan moda angkutan mudik lebaran yang sangat rentan kecelakaan di jalan raya.
Eka kembali menghimbau bagi pengguna sepeda motor agar super hati-hati. “Usahakan agar menggunakan tansportasi yang lebih amanlah dan berharap pemerintah mengadakan sistem IT yang dapat connect (terhubung) dan teorganisasi pada transportasi,” ujar Eka.

No comments:

Post a Comment