Wednesday, January 23, 2013

10 Bus di Ibukota Negara di Dunia

Berdekatan dengan ulang tahun Transjakarta yang ke 9, Kali ini, DPP Organda menampilkan 10 Bus yang beroperasi di ibukota negara di berbagai belahan dunia.10 Bus ini memiliki karakteristik tersendiri yang dapat dijadikan referensi dan refleksi untuk kita yang saat ini bersemangat membenahi angkutan transportasi di Jakarta. Berikut tampilannya.

1. Yangon, Myanmar.
Yangon/Rangoon merupakan bekas Ibukota Myanmar, Meskipun bukan lagi menjadi pusat pemerintahan, kota ini tetap menjadi pusat perekonomian di negara yang baru memasuki fase demokrasi tersebut. Dilihat dari warna dan coraknya, Adakah persamaan dengan Bus Kota yang juga beroperasi di Jakarta kita ini? 

 

2.Amsterdam, Belanda
Amsterdam telah memiliki pola transportasi berbasis Intermodal dengan adanya Tram, Ferry dan tentu saja Bus Gandeng (Articulated Bus) Seperti gambar diatas. Bus Gandeng di Amsterdam di Operasionalkan oleh GVB, yang telah memegang tata kelola transportasi dikota tersebut selama lebih dari satu abad.
 3. London, Inggris
Bus di London (London Bus) dikenal dengan bentuk dan warnanya yang mencolok. London Bus memiliki ciri khas berwarna merah dan bertingkat dengan bentuk yang cukup menarik. Ciri khas ini yang dipertahankan oleh pemerintah kota London selama puluhan tahun.
 4. Pyongyang, Korea Utara
Mungkin banyak yang tidak menyangka jika Bus diatas adalah Moda transportasi bus yang dimiliki Ibukota Korea Utara, Pyongyang. Rezim komunis yang telah bertahan di bawah generasi keluarga Kim ini ternyata memiliki bus articulated yang berbasis listrik, atau lebih dikenal dengan trolley bus.
 5. Bogota, Kolombia
Bogota seringkali menjadi kota yang di bandingkan dengan Jakarta dalam hal Transportasi Bus Rapid (BRT). Ibukota negara Kolombia ini memang layak di jadikan contoh sukses keberhasilan implementasi BRT di kota metropolitan. Dengan nama Trans Milenio, Bus dengan jalur khusus ini bahkan telah mengoperasikan bus bi-articulated ( Bus gandeng ganda) yang mampu mengangkut lebih banyak penumpang, seperti gambar diatas.

 6. Berlin, Jerman
Jika Inggris dikenal dengan Bus Merah Bertingkatnya, Maka Berlin juga dikenal dengan Bus Kuning bertingkat.  BVG selaku operator  mampu mengoperasikan 1300 Perjalan Bus setiap harinya dengan total perjalanan mencapai 300 ribu Kilometer per hari,



 7. Havana, Kuba
Bus di Havana, Kuba mungkin dapat dikategorikan sebagai Bus paling unik di dunia. Dengan bentuk badan bus yang menurun di tengahnya, membuat bus ini juga dinamakan Camel Bus, atau Bus Unta. Jika diperhatikan dengan seksama, Bus ini justru merupakan modifikasi dari truk tronton yang dialih fungsikan sebagai transportasi umum di kota tersebut.

 8. Bangkok, Thailand
http://www.thaiworldview.com/travel/jpg/img027.jpg
Meskipun telah memiliki jaringan MRT yang cukup baik, tetapi bus di Bangkok masih cukup memprihatinkan. Bus Kecil seperti diatas masih menjadi andalan transportasi kota bangkok setiap harinya. Meskipun demikian, pada jam-jam sibuk atau kondisi bus penuh sesak, Bus ini seringkali tidak memungut biaya kepada penumpangnya. bahkan, kernet untuk bus-bus tersebut biasanya adalah wanita. bagaimana dengan bus di Jakarta?
 9. Singapura.
Ketika berbicara tentang bus, maka layanan transportasi di singapura tidak dapat dilepaskan sebagai salah satu contoh. Operator Bus di Singapura, SBS Transit, mampu mengoperasikan 3000 bus setiap harinya untuk menjamin mobilitas negara dengan jumlah penduduk yang hampir sama dengan kota Jakarta ini. Dengan dukungan sistem yang terintegrasi  MRT bahkan Taxi, Layanan Bus di Singapura mampu menjadi tumpuan transportasi penduduk di negara kota tersebut.
 10. Jakarta, Indonesia
Tidak tepat rasanya bila membahas bus di negara lain tanpa menyertakan Moda transportasi Busway, Transjakarta didalamnya. Terlepas dari segala kekuranganya, Transjakarta yang baru merayakan ulang tahunnya yang ke 9 ini telah menjadi maskot transportasi Jakarta. Dengan modal jalur khusus terpanjang di dunia,. Transjakarta memiliki segala potensi untuk menjadi solusi kemacetan di Jakarta. Semoga contoh-contoh pelayanan bus diatas dapat menjadi bahan untuk quo vadis Transjakarta kedepan untuk menjadi kebanggan masyarakat Jakarta, dan Indonesia.






















1 comment: