Friday, June 6, 2014

Angkutan Jalan Dominan Pada Mudik Lebaran


INFOBISNIS--Organisasi Angkutan Darat (Organda) memperkirakan jumlah penumpang angkutan mudik Lebaran 2014 meningkat pesat. Akan mencapai 18,45 juta orang, naik dari tahun lalu sebanyak 17,53 juta orang.

Moda angkutan jalan raya masih paling dominan, meski banak dicerca dan dicaki banyak orang. Faktanya, pengguna angkutan jalan raya paling diminatri masyarakat Indonesia. Padahal, Indoensia adalah negara maritim.

"Jumlah penumpang untuk angkutan jalan diprediksi mencapai 5,8 juta orang. Sementara, angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) 3,54 juta orang. Untuk angkatan kereta api sebanyak 3,43 juta orang," kata Ketua Umum DPP Organda Ekasari Lorena di Jakarta, Selasa (3/6).

Menurutnya, jumlah penumpang AKAP akan mencapai 18,45 juta orang, naik dari tahun lalu sebanyak 17,53 juta orang. Sementara, jumlah penumpang untuk angkutan jalan diprediksi mencapai 5,8 juta orang. Sementara, angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) 3,54 juta orang.

Untuk jumlah penumpang untuk angkutan laut diperkirakan sebanyak 1,57 juta orang. Sedangkan angkutan udara sebanyak 4,10 juta penumpang. "Penambahan jumlah penumpang ini karena ekonomi kita bertumbuh dan mendorong peningkatan kelas masyarakat, dari kelas menengah menjadi kelas atas," ujar Eka lagi.

Selanjutnya, jumlah penumpang untuk angkutan laut diperkirakan sebanyak 1,57 juta orang. Sedangkan angkutan udara sebanyak 4,10 juta penumpang. "Penambahan jumlah penumpang ini karena ekonomi kita bertumbuh dan mendorong peningkatan kelas masyarakat, dari kelas menengah menjadi kelas atas," tukas Eka.

Penggunaan moda angkutan udara diprediksikan akan meningkat dibandingkan tahun 2013. Prediksi Organda, 4,1 juta pemudik akan berpergian menggunakan pesawat. Sedang, jumlah penggunaan kendaraan pribadi diprediksi juga akan meningkat. Sebanyak 1,7 juta mobil pribadi dan 2,3 juta sepeda motor disinyalir bakal memenuhi jalan raya.

Kendaraan pribadi, menurut Eka, adalah angkutan yang paling mendominasi sistem transportasi Indonesia. Eka mengajak masyarakat untuk bersama-sama menurunkan masifnya penggunaan kendaraan pribadi pada musim mudik Lebaran nanti."Saya harap pemudik lebih memilih kendaraan umum," tegas Eka.*hel

No comments:

Post a Comment