Wednesday, December 31, 2014

PEMIKIRAN AKHIR TAHUN




1.       Kenaikan BBM di Indonesia di lakukan pada saat harga Minyak per barrel terus turun dimana di APBN Harga BBM di hitung pada Harga Minyak Per Barel USD 105 per barrel dan sekarang harga Minyak Per Barrel berada dibawah angka USD 60
2.       Harga BBM Naik 25% utk Premium yang lebih dari 90% digunakan kendaraan pribadi
3.       Harga BBM Solar naik 39% yang 90% digunakan oleh Angkutan Umum Penumpang dan Angkutan Barang Logistics yang banyak mengangkut bahan makanan serta bahan-bahan pokok.
4.       Harga makanan/harga barang2 langsung melambung tinggi tidak terkontrol penyebab utama inflasi,
5.       Harga spare part angkutan umum 1 tahun terakhir naik rata-rata 15-30% dan dengan kenaikan BBM, naik lagi dengan rata-rata kenaikan tambahan 10-25% memberatkan dan tidak diantisipasi regulator akan hal ini, tidak seperti industry lain yang lebih terantisipasi oleh regulator akan dampak kenaikan BBM.
6.       Sekarang harga BBM hendak diturunkan dimana untuk solar hanya diturunkan Rp. 250,- dimana kenaikannya 39% dibandingkan Premium yang banyak digunakan mobil pribadi turunnya Rp. 900,-/liter dimana Premium kenaikannya hanya 25%.
7.       Apabila memang regulator berkomitmen untuk terjadinya Revitalisasi angkutan umum penumpang dan angkutan barang guna mengurai kemacetan serta menurunkan biaya logistik kita yang tinggi
8.       Penurunan harga BBM yang terbesar di arahkan kepada … yang banyak digunakan angkutan umum
9.       Penurunan harga BBM Rp. 250,- untuk solar tidak akan berdampak terutama prosentasenya sangat kecil dibandingkan Premium yang turun Rp. 900/liter dan
10.   Apakah harga-harga sparepart bisa diturunkan? Apalagi lebih dari 60% sparepart angkutan umum masih import dari luar negeri dan nilai tukar rupiah lemah terhadap mata uang Dollar.
.   Incentives fiscal sangat perlu terus didorong termasuk penurunan suku bunga untuk revitalisasi kendaraan angkutan umum seperti yang diberikan kepada Perumahan Rakyat. Transportasi Umum dan Perumahan Rakyat merupakan kebutuhan mendasar yang sangat dibutuhkan.
12.   Apabila ingin urai kemacetan yang semakin memburuk dan mahal bagi kehidupan masyarakat Indonesia perlu keberpihakan yang jelas mulai dari harga BBM yang mengedepankan angkutan umum penumpang dan barang, fiscal incentives dan transparansi serta kolaborasi nyata merangkul operator.

No comments:

Post a Comment