Tuesday, December 18, 2012

Perhatikan 9 Hal Ini Saat Menyusun Budget untuk Liburan


imgJakarta - Liburan sudah menjadi kebutuhan banyak orang untuk melarikan diri dari rasa penat dan lelah. Oleh sebab itu, manfaatkan semaksimal mungkin waktu libur tersebut bersama orang-orang tersayang. Pertimbangkan banyak hal agar liburan menyenangkan dan pastinya sesuai dengan budget yang ada.


Apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan menyusun budget liburan? Perencana keuangan Aidil Akbar yang juga pendiri 'Akbar’s Financial Check Up' memberikan penjelasannya.

1. Waktu yang Diinginkan
Anda harus memikirkan kapan waktu yang tepat untuk seluruh keluarga berlibur, apakah di awal, tengah atau akhir tahun. Diskusikan dengan keluarga sampai keputusan benar-benar bulat. Budget bisa jadi tinggi ketika Anda memilih liburan saat high season yang jatuh biasanya jatuh di pertengahan dan akhir tahun. "Semua tiket, semua hotel pasti mahal. Yang bisa kita akalin biasanya tiketnya," jelas Akbar.

2. Rencana Perjalanan
Setelah dapat waktunya, rencanakan perjalanannya. Bila berpergian dengan keluarga, pastikan tempat yang dituju memang cocok untuk liburan keluarga. Rencanakan pula bagaimana liburan yang diinginkan, apakah jalan-jalan atau hanya menikmati satu tempat pilihan.

3. Tiket
Jika kedua poin di atas sudah sepakat, pesanlah tiket dari jauh-jauh hari supaya lebih murah dan tidak kehabisan. "Semakin lama kita booking tiket berarti semakin murah harganya, tapi juga mesti dicek apakah pasti apa nggak (hari serta waktunya) kalau kita nggak pasti jangan cari tiket yang non-refundable," saran pria yang sudah merilis sembilan buku mengenai perencanaan keuangan itu.

4. Penginapan
Pastinya Anda harus memilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget. Jika memang dalam liburan tersebut Anda dan keluarga akan lebih sering berada di luar hotel, Akbar menyarankan agar Anda sebaiknya menginap di hotel bintang 3 untuk 'menekan' biaya. Lain halnya jika Anda dan keluarga memang ingin bersantai di hotel selama liburan. Pilih hotel berbintang lima yang fasilitasnya lengkap agar semuanya bisa dinikmati.

5. Transportasi di Tempat Tujuan
Anda perlu memikirkan biaya transportasi selama beberapa hari di tempat tujuan. Cari informasi mengenai bus turis, angkutan di sana, hingga penyewaan mobil atau motor untuk berpergian yang pasti mempengauhi anggaran liburan Anda.

6. Makanan
Pertimbangkan juga budget untuk makan di destinasi pilihan Anda dan keluarga. Cari info mengenai harga makan di restoran dan kaki lima jika berlibur ke luar negeri saat menyusun biaya perjalanan.

7. Oleh-oleh
Bila ingin membawa buah tangan untuk teman, batasi biaya tersebut. Agar pengeluaran tidak berlebihan, cukup cinderamata saja yang dibawa pulang. "Boleh dibudgetin sih tapi oleh-oleh itu sebagai cindera mata saja," ujarnya kemudian.

8. Siapkan Asuransi
Selalu siapkan asuransi saat liburan terutama kalau pergi ke luar negeri. "Kalau ada apa-apa rumah sakit mahal, kalau kita sudah punya asuransi di Indonesia pastikan asuransi tersebut meng-cover kita di luar negeri kalau sakit, terutama kalau bawa anak," tambahnya lagi.

9. Siapkan Kartu Kredit
Setelah semua perkiraan biaya liburan sudah tersusun, jangan lupa selalu siapkan minimal dua kartu kredit, terutama kalau pergi ke negara lain. "Kartu kredit penting, kartu debit juga penting, uang cash boleh tapi jangan terlalu banyak, pastikan bahwa kartu kredit kalau ke luar negeri minimum dua, satu lokal satu bank asing," ujar Akbar. (aln/eny) (sumber: detik.com).

No comments:

Post a Comment