Thursday, November 22, 2012

Organda NTB Optimalkan Fungsi Terminal


KBRN, Mataram : Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengoptimalkan terminal bus yang ada di daerah ini guna menertibakan dan menunjukkan titik awal rute baru armada bus yang akan dioperasikan bagi penumpang dalam daerah secara luas.

Wakil Ketua DPD Organisasi Angkatan Darat (Organda) Nusa Tenggara Barat Antonius Z, pada Jum’at (16/11/2012) menyebutkan, beberapa terminal yang tersebar di kabupaten kota di daerah ini dinilai multifungsi bahkan beberapa diantaranya terkesan mubazir.

Untuk itu Organda bersama pihak terkait saat ini sedang mengodok regulasi alih fungsi terminal agar lebih optimal dan secara khusus untuk dapat menunjukkan titik awal rute baru armada bus yang akan dioperasikan bagi penumpang dalam daerah secara luas.

Antonisus juga tidak mempungkiri, saat ini sistem lalu lalang transportasi darat di daerah ini terkesan aburadul bahkan di beberapa lokasi terjadi saling serobot penumpang.

“Angkutan Pedesaan, angkutan kota hingga tataran ojek hampir sudah tidak mengenal trayek terjadi alur saling memasuki dengan leluasa”, ujarnya.

Hal semacam itu menurut Antonius bisa ditertibkan dengan keterlibatan secara langsung semua pihak. Dari organda sendiri, gagasan untuk merealisasikan pemanfaatan terminal dan menyediakan trayek baru bagi bus akan menjadi salah satu altenatif dari kondisi angkutan yang berkembang saat ini.

Menurut Antonius, tersedianya terminal induk Mandalika di sweta bisa dijadikan terminal utama untuk bus penumpang umum yang akan mengisi rute-rute kesetiap kabupaten kota. Akan tetapi hal itu tentunya harus dipenuhi dengan halte pada titik-titik tertentu, sehingga jelas tempat pemberhentian dan lokasi tunggu penumpang.

“Dengan adanya halte bus ini, setidaknya selain menjaga keamanan dalam berlalu lintas juga sebagai upaya mendidik masyarakat agar lebih teratur sehingga pemberlakuan sistem lalu lintas angkutan darat lebih teratur”, imbuhnya. (Sofian/LL/WDA) (Editor : Waddi Armi) (sumber: rri.co.id)

No comments:

Post a Comment