Friday, November 16, 2012

Operator Pelabuhan Desak Perbaikan Waktu Tunggu


Dumaisatu.com - Operator angkutan barang dan peti kemas pelabuhan  mendesak perbaikan kinerja dan pelayanan pelabuhan umum komersial yang saat ini hampir sebagian besar masih dikelola oleh BUMN Kepelabuhanan yakni PT.Pelabuhan Indonesia (Pelindo).


Seperti Dumaisatu.com berita yang dilansir bisnis.com Ketua Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) DKI Jakarta Gemilang Tarigan mengatakan,waktu tunggu menaikkan dan menurunkan (loading & unloading) kargo/peti kemas dari dan ke atas trailler di pelabuhan Indonesia termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok saat ini rata-rata bisa mencapai lima jam.
Dia mengatakan, lamanya waktu tunggu pelayanan trailler di Pelabuhan itu hampir dirasakan di seluruh pelabuhan umum komersial yang di kelola Pelindo. Penyebabnya, kata dia, mulai dari keterbatasan peralatan bongkar muat  di Pelabuhan hingga kualitas SDM/operator pelabuhan yang masih rendah.
 “Padahal idealnya waktu tunggu itu cukup paling lama satu jam, sehingga produktivitas angkutan pelabuhan bisa meningkat,”ujarnya kepada Bisnis di sela-sela persiapan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke 2- Organda Indonesia, di Surabaya, Selasa (16/10).
Gemilang menambahkan  Organda Angsuspel DKI akan merekomendasikan segera dilakukan perbaikan waktu tunggu pelayanan angkutan barang dan peti kemas di pelabuhan tersebut dalam Mukernas Organda Indonesia kali ini agar bisa di jadikan patokan iklim berusaha operator angkutan pelabuhan di seluruh pelabuhan Indonesia.
Angsuspel DKI berharap rekomendasi ini akan di teruskan oleh DPP Organda nantinya untuk bisa mendesak  kepada Pemerintah dan Operator Pelabuhan (Pelindo) untuk membuat  standar waktu yang sama di setiap pelabuhan terhadap pelayanan trailler di pelabuhan.
“Mesti ada komitmen mengenai  patokan satandar waktu yang jelas berapa lama (waktu tunggu) trailler sejak masuk gate hingga keluar gate. Ini agar operator pelabuhan tidak seenaknya saja melayani angkutan pelabuhan,” tandasnya.
Mukernas Organda Indonesia Ke 2  berlangsung 16-18 Oktober 2012 bertempat di Hotel Sheraton Surabaya dengan tema “Melalui Revitalisasi Angkutan Umum Kita Sukseskan Program Penghematan Konsumsi BBM dan Diversifikasi Energi”.* (sumber: dumaisatu.com)

No comments:

Post a Comment