Wednesday, November 21, 2012

Jokowi kepada Sopir Angkot: Yang Kecil Jangan Semau Gue!


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), berjanji kepada ratusan pekerja Organda (Organisasi Angkutan Darat), dengan rekomendasi DPRD DKI, akan menghapuskan retribusi bagi angkutan umum yang masuk ke terminal.

Jokowi kepada Sopir Angkot: Yang Kecil Jangan Semau Gue!Jokowi berjanji tetap memberdayakan pengusaha-pengusaha atau unit kerja yang kecil, agar tidak kalah dengan pemodal besar.

"Saya ini kan orang baru. Perdanya juga keluar dulu-dulu, iya kan? Perda itu memang mengamanatkan untuk retribusi menjadi empat kali lipat," ujar Jokowi saat menemui ratusan demonstran di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2012).

"Tapi, sudah saya sampaikan, karena di perda-nya ada kewenangan gubernur dengan rekomendasi dari Dewan, akan saya usahakan nanti diberikan pembebasan," imbuh Jokowi. Setelah itu, sorakan membahana bernada pujian sontak meluncur dari demonstran.
Bekas Wali Kota Solo menuturkan, semangat Pemprov DKI Jakarta adalah memelihara unit-unit usaha kecil agar tetap hidup.

"Semangatnya adalah yang kecil-kecil ini tetap hidup. Jangan sampai nanti yang kecil-kecil ini malah hilang, dan yang muncul pemodal besar. Tetap kami ingin melindungi yang kecil-kecil," tutur Jokowi.

Namun, Jokowi menegaskan bahwa Organda harus mau diatur, tidak semau sendiri. "Jangan semau gue, yang kecil-kecil juga harus mau diatur dengan manajemen kota yang baik," pintanya.

Selesai berbicara, Jokowi kemudian meninggalkan para demonstran. Diwartakan sebelumnya, pihak Organda berunjuk rasa di Balai Kota, meminta agar Pemprov DKI mengkaji ulang Perda No 3 Tahun 2012.

Perda mengatur tentang retribusi angkutan ke terminal, revitalisasi angkutan, dan masalah usia kendaraan yang sudah berjalan puluhan tahun. (*) Penulis: Eri Komar Sinaga  |  Editor: Yaspen Martinus  |  Sumber: Tribun Jakarta

No comments:

Post a Comment