Tuesday, October 14, 2014


DPP Organda Gelar Mukernas Pertengahan November

Berita Satu.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Gabungan Angkutan Darat (DPP Organda) akan menyelenggarakan musyawarah kerja nasional (mukernas) pada 16-18 November 2014 di Semarang, Jawa Tengah.
"Tujuan mukernas ini adalah untuk menciptakan suatu platform baru dengan banyaknya biaya-biaya yang tambah tinggi kenaikannya, contohnya nilai tukar rupiah terhadap dolar tinggi sehingga kenaikan spare part (suku cadang) ini dalam satu tahun terakhir ini antara 15 persen sampai 30 persen," kata Ketua DPP Organda Eka Sari Lorena di Jakarta, Sabtu (11/10).
Eka mengatakan, pada mukernas tersebut akan dibahas sejumlah hal yang berhubungan dengan bidang transportasi saat ini salah satunya ialah rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi oleh pemerintah yang baru.
"Banyak Organda menolak (kenaikan harga BBM) untuk angkutan umum pelat kuning (kendaraan umum) jangan naik BBM-nya," katanya.
Dia menuturkan agenda lain yang akan dibahas dalam mukernas tersebut tentang muatan angkutan berlebih.
Selama ini, kata dia, kebijakan tentang muatan angkutan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat adalah jangan lebih dari 25 persen namun di daerah aturan tersebut banyak dilanggar.
"Yang melanggar peraturan silakan ditangkap, tetapi saya bilang tolong dong peraturan daerah yang mengizinkan boleh ada dispensasi kelebihan angkutan ya dicabut dong," katanya.
Ia menambahkan, permasalahan tentang angkutan liar yang keberadaan sudah mengambil 30 persen dari angkutan umum resmi juga akan masuk dalam agenda Mukernas tersebut.
"Angkutan liar akan dibicarakan lagi karena sudah merata di mana-mana di daerah perkotaan. Itu berbahaya, angkutan liar tidak menggunakan izin bisa semena-mena rutenya," kata dia.
 

No comments:

Post a Comment