Friday, July 27, 2012

Tips Aman Naik Angkot Untuk Wanita.


Belakangan ini marak di beritakan adanya tindak kejahatan di angkutan umum, khususnya angkutan umum perkotaan KELAS EKONOMI dimana sampai ada terjadi tindak kejahatan terhadap wanita yang sering kali menjadi sasaran empuk para pelaku kriminalitas.


Berdasarkan undang undang di negara kita yang menyangkut hak azasi manusia untuk mendapatkan keamanan dan perlindungan terhadap dirinya; tercantum di UU No.39 thn 1999 Negara wajib memberikan rasa aman terhadap negaranya, yang mana tentunya juga termasuk didalamnya memberi jaminan keamanan kepada rakyat dalam menggunakan kendaraan umum.

Tidak ada pengusaha angkutan umum yang ingin terjadi tindak kejahatan pada kendaraaan mereka, karna hal ini amat sangat merugikan bagi masyarakat dan amat sangat merugikan bagi pengusaha/operator angkutan umum. 

Supir tembak yang melakukan tindak kejahatan diatas kendaraan angkutan umum perkotaaan, merupakan kejadian diluar pengetahuan dari pemilik perusahaan/operator angkutan umum.

Amat sangat diperlukan aparat keamanan memberikan tindakan tegas kepada pelaku tindak kejahatan dan amat sangat diperlukan kegiatan preventif/pencegahan dari aparat keamanan sehingga para pelaku kriminalitas menjadi takut melakukan tindak kejahatan terhadap masyarakat luas termasuk kaum wanita yang mengggunakan angkutan umum perkotaan kelas ekonomi yang memang dibutuhkan masyarakat luas terutama mereka yang tidak mampu membeli kendaraan pribadi.

Pembinaan seusai dengan kemampuan operator kepada para pengemudi serta menindak lanjuti pelaksanaan penggunaan seragam kepada para pengemudi seperti yang di instrusikan oleah dinas perhubungan, sudah dilaksanakan oleh operator angkutan kota (angkot) namun tindakan preventif guna menjaga keamanan yang merupakan bagian aparat keamanan negara adalah peranan yang sangat penting agar pelaku kejahatan takut untuk melakukan tindak kriminalitas. 

Berikut disampaikan tips untuk bepergian aman dengan angkutan umum kepada penumpang, khususnya penumpang kaum wanita agar terhindar dari kejahatan di angkutan umum. Berikut tipsnya :
  1. Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum (perhiasan, HP dan lain-lain) .
  2. Pakailah pakaian yang sopan dan tidak terbuka.
  3. Selektif dalam memilih angkot (pilih angkot dengan kaca bening, sopir berseragam,berpakaian rapi bersih, ada ID Card dan lampu penerangan di dalam).
  4. Pastikan anda mengetahui no. trayek dan tujuan angkot yang anda tumpangi.
  5. Hindari tidur di dalam angkot .
  6. Hindari menerima makanan/minuman dari orang lain yang baru anda kenal,tetap waspada terhadap penumpang lain (bila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik anda segera turun di tempat yang aman).
  7. Selalu ingat, bila perlu disimpan dalam kotak HP/dicatat nomor-nomor penting,termasuk nomor kantor polisi dan nomor orang orang yang bisa cepat dihubungi untuk menolong anda pada saat darurat. 
  8. Alangkah baiknya bila ada seorang teman yang mendampingi anda khususnya para penumpang wanita saat naik angkutan kota (khususnya pada malam hari).
Jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan (melanggar hukum/melakukan tindak pidana), kami berharap anda dapat segera melaporkan kepada kepolisian terdekat dengan informasi yang jelas, untuk membantu pihak Kepolisian untuk menindak pelaku kejahatan sesuai dengan hukum dan undang undang yang berlaku.
Semoga informasi dan tips-tips yang disampaikan bermanfaat.

1 comment:

  1. Mohon Izin Copas Artikel ini untuk dimuat di blog DPC ORGANDA KAB BEKASI http://organdabekasi.blogspot.com/

    ReplyDelete