Thursday, January 31, 2013

Tuesday, January 29, 2013

Note from Organda Central Board: January 2013





Low Cost Car Policy vs. Public Bus Incentive Policy

January is just a few days left. However, this first month of 2013 would never be easily forgotten by the people. The pouring rain that almost fell everyday has made major part of Jakarta and the regions around the city heavily flooded. Organda Central Board is deeply concerned over this natural and repeating disaster. We pray for the people who are facing difficulties and participate through our part to reduce the difficultness.

Monday, January 28, 2013

Catatan Organda: Januari 2013


 
Regulasi Mobil Murah vs Regulasi Bus Murah

            Akhir Januari tinggal menghitung hari. Namun bulan pertama di tahun 2013 ini, takkan mudah dilupakan orang. Hujan tiap hari, telah membuat sebagian wilayah Jakarta dan daerah lainnya terendam banjir. Segenap pengurus Organda menyampaikan keprihatinan mendalam atas bencana alam ini. Mudah-mudahan, masyarakat umum dikuatkan dalam tiap bencana yang dihadapi.

Outlook Transportasi 2013


“Menyelamatkan” Pulau Bali, “Menyelamatkan” Republik….

Hari-hari ini, progress atau kemajuan proyek Jalan Tol Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua telah mencapai 73 persen. Kerja keras Jasa Marga dan BUMN karya lainnya, tentu saja patut dihargai bersama. Terlebih, proyek ini dimaksudkan untuk mengurai kemacetan di Pulau Bali bagian selatan.

Friday, January 25, 2013

Kolom Kecil Mpo' Eka (25/01/2013)

Helping the flood victims, building cheap housing combatting slums in Jakarta is very good. But, It is not TOUCHING the real problems.

Kolom Kecil Mpo' Eka (25/01/2013)

Urbanization DKI = People Left Villages, It means Lack of Micro Economic Activities/Lack of Distribution Creates Economy Activities.

Kolom Kecil Mpo' Eka (25/01/2013)

Enjoying 'Macet' in Sarbagita BRT, Bali

Kolom Kecil Mpo' Eka (25/01/2013)


Rene Meeuws NEA Transport Research & Training, ORGANDA Central Board & Team Enjoying BRT Denpasar, Bali

Wednesday, January 23, 2013

10 Bus di Ibukota Negara di Dunia

Berdekatan dengan ulang tahun Transjakarta yang ke 9, Kali ini, DPP Organda menampilkan 10 Bus yang beroperasi di ibukota negara di berbagai belahan dunia.10 Bus ini memiliki karakteristik tersendiri yang dapat dijadikan referensi dan refleksi untuk kita yang saat ini bersemangat membenahi angkutan transportasi di Jakarta. Berikut tampilannya.

1. Yangon, Myanmar.
Yangon/Rangoon merupakan bekas Ibukota Myanmar, Meskipun bukan lagi menjadi pusat pemerintahan, kota ini tetap menjadi pusat perekonomian di negara yang baru memasuki fase demokrasi tersebut. Dilihat dari warna dan coraknya, Adakah persamaan dengan Bus Kota yang juga beroperasi di Jakarta kita ini? 

Tuesday, January 22, 2013

Kolom Kecil Mpo' Eka ( 22/01/2013)


Kebanjiran Lagi

Banjir di Jakarta baru-baru ini sangat menghambat mobilitas dan juga membahayakan karyawan-karyawan dari para anggota operator di Organda. Kerugian tidak hanya berupak material, namun juga non-material. Biaya distribusi naik sekitar 15% - 25% akibat banjir saat ini, dimana rakyat dan operator serta karyawan-karyawati anggota organda terus menderita akibat kerugian ini. Namun, DPP Organda siap terus menjadi mitra yang mendukung upaya Pemda DKI Jakarta yang baru guna terjadi perbaikan konkrit. 

Kolom Kecil Mpo' Eka ( 21/01/2013)

Transportasi Intermodal bukan lagi merupakan pilihan namum merupakan keharusan kalau tidak mau terjadi Gridlock (macet total) di DKI Jakarta yang akan berujung pada kekacauan (chaotic) di Jakarta. Ahli intermodal tidak banyak, ahli yang jago teori sudah tidak jamannya lagi. Pragmatis, pengalaman dan pengetahuan dan memiliki hitungan sendiri dengan memakai hati itu yang kita semua butuhkan.

Friday, January 18, 2013

Catatan Kecil Eka Sari Lorena Surbakti, Ketua Umum DPP Organda Indonesia 2010-2015


Jakarta Kita
18/01/2013

  • Banjir di kota Jakarta bukan masalah baru, namun masalah yang terjadi berulang kali yang membawa penderitaan kepada rakyat dan merugikan banyak aspek kehidupan lainnya seperti kegiatan bekerja, kegiatan usaha dan kegiatan lainnya.
  • Sebagai Rakyat, Ketua Umum Organda, Istri, dan Ibu dari orang anak yang terjun di dunia transportasi massal dan logistik, kejadian ini  sangat memprihatinkan. Disampaikan juga bahwa desain tata kota dan ruang, desain mobilitas orang dan barang, yang tentunya terkait erat dalam upaya menunjang hasrat pemerintah demi mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7% pada tahun 2013, adalah merupakan satu kesatuan sangat fundamental dan harus menunjukkan keberpihakan untuk terjadinya kebijakan yang mengedepankan terjadinya selalu kerjasama antara tata kota ( menyangkut desain tata ruang kota), Dinas Perhubungan, dan Operator Transportasi ( DPP Organda) yang mengetahui kondisi lapangan dan juga mewakili rakyat banyak.

Thursday, January 17, 2013

10 Halte terunik di Dunia..

Kenyamanan adalah salah satu kunci transportasi massal. Bukan hanya di dalam moda transportasi, prinsip kenyamanan juga harus di terapkan di semua sarana dan prasarana penunjang transportasi, seperti Halte. Untuk membuat tempat menunggu bus ini nyaman, banyak cara dapat dilakukan, salah satunya adalah membuat halte menjadi tempat yang menarik dengan desain-desain kreatif nan unik. Berikut ini, Organda merangkum 10  halte paling menarik diseluruh dunia yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Headphone Shelter.



















Friday, January 4, 2013

Transportasi Jakarta Tempoe Doeloe dan Kini

Perubahan kota karena kemajuan jaman seharusnya menghasilkan sesuatu yang baik. Begitu pula seharusnya perkembangan transportasi di kota metropolitan, Jakarta. Di tahun yang baru ini, Organda merangkum kembali perjalanan transportasi Jakarta dari masa 1940an sampai pada masa kini melalui rangkaian gambar. Kami percaya, gambar berbicara bahasanya sendiri yang bermakna ribuan kata dan kalimat.


Jalan Gajah Mada Doeloe

Jalan Gajah Mada Kini